Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pasar Kemuning Loa Bakung Kota Samarinda

Pasar Kemuning Kelurahan Loa Bakung Sungai Kunjang Kota Samarinda (Doc. Pribadi)


YUPA Samarinda - Pasar Kemuning Loa Bakung terletak di Jl. Kemuning Kelurahan Loa Bakung Kota Samarinda. Pasar tradisional ini berdiri di sepanjang Jl. Kemuning dan berdiri diatas tanah seluas 12.000 meter persegi.

Pasar Kemuning menjadi pasar satu satunya yang ada di kawasan Loa Bakung Sungai Kunjang.

Beragam kios dan lapak berjualan di pasar ini. Mulai dari sayuran, ikan, ayam, daging, beragam sembako, prabot rumah tangga, pakaian, juga berbagai makanan tersedia di pasar ini.

Letaknya sangat strategis, berada diantara dua sisi jalan Jakarta yang menjadi daerah pemukiman padat di Loa Bakung, juga berada di bibir Sungai Mahakam di jalan K.H Mansyur menjadikan Pasar Kemuning menjadi pasar yang sangat padat dan ramai dikunjungi para pembeli.

Pasar Kemuning terletak di Jl. Kemuning Loa Bakung Kota Samarinda (Doc. Pribadi)

Di pagi hari, mulai jam 06.00 WITA aktifitas di Pasar Kemuning sudah mulai hidup. Berbagai lapak sayuran segar mulai menggelar dagangannya di sepanjang Jalan Pasar Kemuning.

Aktifitas kendaraan mukai padat pada jam 07.00 WITA. Banyak warga Loa Bakung berburu kudapan sarapan mulau dari nasi kuning, pecel, mihun, beragam gorengan, bubur ayam, hingga jajanan tradisional banjar dan kutai.

Kami sarankan jika berniat untuk berburu sarapan di pagi hari, jangan menggunakan kendaraan roda empat. Cukup gunakanlah kendaraan roda dua karena pada pagi hari jalanan di Pasar Kemuning sangat padat hingga lalu lintasnya menjadi macet.

Aktifitas padat mulai reda pada siang hari sekitar jam 11.00 WITA dan normal pada jam 14.00 WITA. Namun akan kembali sangat padat pada sore hari karena para warga mulai kembali berbelanja sayuran dan makanan untuk mempersiapkan makan malam.

Menurut kami, banyak sekali rekomendasi makanan dan jajanan enak yang sangat rekomended di Pasar Kemuning Loa Bakung ini. Mulai dari nasi goreng yang menurut kami paling rekomended di Loa Bakung, sampai Sop Buah yang juga menurut kami paling rekomended di seputar Loa Bakung.

Berbagai ulasan spesifik tentang rekomendasi makanan dan jajanan rekomended di Pasar Kemuning akan kami bahas pada post khusus.