Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gelang Buyu, Penangkal Hantu Dari Kalimantan

Gelang Buyu asli Kalimantan yang terbuat dari tulang ikan hiu, oleh oleh khas kalimantan selatan
YUPA Samarinda - Salah satu pernak pernik khas kalimantan yang sangat etnik dan cocok dijadikan cindera mata adalah gelang buyu.

Gelang buyu adalah gelang khas kalimantan selatan yang terbuat dari tulang ikan hiu dan digunakan oleh masyarakat kalimantan sebagai gelang penangkal hantu buyu.

Hantu buyu adalah hantu yang dipercaya oleh masyarakat kalimantan khususnya suku banjar di kalimantan selatan dan kalimantan timur sebagai hantu yang suka mengganggu anak bayi dan balita, dan dapat membuat bayi balita menjadi sakit buyu.

Bayi dan balita yang sakit buyu biasanya mengalami pertumbuhan yang lambat, kurus, perutnya buncit, dan lemas.

Masyarakat kalimantan percaya bahwa hantu buyu mengganggu bayi karena sang ibu yang melanggar berbagai pamali atau pantangan sewaktu hamil dan menyusui.

Gelang buyu yang asli terbuat dari tulang ikan hiu. Kendati tidak banyak dijumpai ikan hiu di perairan laut Kalimantan, namun perajin gelang buyu masih bisa mendapatkan tulang ikan hiu dari nelayan di pulau jawa.

Gelang buyu kini bentuknya lebih beragam dan cantik, tidak seperti gelang buyu tempo dulu yang penuh tulang ikan hiu, kini gelang buyu di pasaran sudah dipadukan dengan beragam manik manik kalimantan yang membuat bentuknya semakin indah dan menarik dipakai.

Gelang buyu di pasaran dijual dengan harga yang cukup murah dan terjangkau, berkisar antara Rp. 15.000 hingga Rp. 30.000.

Untuk mendapatkan oleh oleh yang cantik ini pun sangat mudah. Gelang buyu banyak dijual di berbagai toko oleh-oleh di seluruh kalimantan.

Tidak ada larangan untuk menggunakan gelang buyu bagi orang dewasa dan suku lain non kalimantan.

Gelang khas kalimantan yang syarat hal mistis ini sangat aman digunakan oleh siapa saja. Tenang saja, tidak ada mitos adanya mahluk halus yang berada di dalam gelang buyu. 

Gelang Buyu hanya berkhasiat menangkal gangguan hantu buyu, namun tidak menarik hantu atau mahluk halus lain ke dalam gelang buyu.