Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bioskop Ratna Tenggarong, Bioskop Legendaris yang Pernah Ada di Kota Tenggarong

Bioskop Ratna Tenggarong yang terletak di Loa Ipuh merupakan saksi bisu semaraknya hiburan perfilman di Kota Tenggarong tempo dulu.

Yupa Tenggarong - Mungkin muda mudi Kota Tenggarong saat ini tidak pernah tau, bahwa kota kecil di pinggir Sungai Mahakam itu dulunya memiliki gedung bioskop yang memutar banyak film layar lebar dan menjadi destinasi hiburan masyarakat tempo dulu.

Adalah bioskop Ratna Tenggarong yang terletak di Jl. Mayjen Panjaitan Kelurahan Loa Ipuh, menjadi saksi bisu semaraknya industri perfilman di Kota Raja Tenggarong.

Bioskop Ratna Tenggarong eksis pada era tahun 70'an hingga 80'an. Memutar film dalam dan luar negeri yang sedang hits pada masanya seperti film Warkop DKI (Dono, Kasino, Indro).

Bioskop Ratna Tenggarong dimiliki oleh pengusaha lokal Kota Tenggarong Yon Sabran bin Asoen, dan sempat dikelola oleh anak-anaknya, hingga akhirnya tutup beroperasi pada tahun 1985.

Gedung bioskop Ratna yang berada di Kelurahan Loa Ipuh itu hingga kini masih berdiri, walaupun kondisinya sudah tak elok lagi, tapi kesan kejayaan masa lalunya masih bisa dirasakan, dan pastinya menjadi tempat yang menyimpan banyak kenangan tempo dulu bagi sebagian masyarakat Kota Tenggarong yang mungkin saat ini usianya sudah tidak muda lagi.

Bangunan kayu megah bertingkat dua itu kini tidak lagi berfungsi, namun pelataran Bioskop Ratna yang luas kerap kali difungsikan oleh masyarakat sebagai pasar tumpah, tempat parkir truk dan mobil travel, hingga tempat bermain untuk anak-anak di sekitar Bioskop Ratna.

Sayang sekali, sejak tutupnya Bioskop Ratna Tenggarong hampir tidak ada lagi inisiasi dari pihak pemerintah ataupun swasta untuk menghadirkan kembali bioskop modern di Kota Tenggarong.

Masyarakat Kota Tenggarong di era 90'an hingga saat ini jika ingin menonton film terbaru harus pergi ke bioskop di pusat perbenlanjaan modern di Kota Samarinda.