Skripsi: Pengaruh Komunitas Perikanan Budidaya di Media Sosial Facebook terhadap Kualitas Pembudidaya Perikanan di Jawa Tengah
ABSTRAK
Ari Panggih
Nugroho. 26010213120011. Pengaruh
Komunitas Perikanan Budidaya di Media Sosial Facebook terhadap Kualitas Pembudidaya Perikanan di Jawa Tengah (Tita Elfitasari dan Ristiawan Agung
Nugroho)
Menurut
Wijaya (2012), dari total jumlah pengguna media sosial di Indonesia 87%
diantaranya merupakan pengguna media sosial facebook.
Pengguna media sosial facebook menurut Puskakom UI (2015), dari seluruh pengguna media sosial facebook 26% diantaranya bekerja sebagai
wirausaha, dimana 68% merupakan wirausaha dibidang perdagangan, jasa, dan
agroindustri seperti perikanan. Facebook
dipilih oleh pembudidaya ikan karena media sosial ini sangat mudah digunakan,
jaringan yang luas, dan juga terdapat layanan grup yang memudahkan untuk
pembudidaya ikan dapat berinteraksi berdasarkan kesamaan seperti dalam
komoditas budidaya dan daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh komunitas perikanan budidaya di media sosial facebook terhadap peningkatan
pengetahuan pembudidaya perikanan dan peningkatan ekonomi pembudidaya
perikanan. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Teknik pengumpulan
data penelitian yang digunakan adalah teknik survei menggunakan angket.
Teknik pengambilan sampel
yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik pengambilan Random Sampling. Sampel yang digunakan
adalah 60 sampel pembudidaya perikanan budidaya di Jawa Tengah. Data yang telah didapatkan kemudian diuji
statistik menggunakan uji Independent
t-test dengan menggunakan program komputer SPSS v.20. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa komunitas perikanan budidaya di media sosial facebook berpengaruh signifikan (t
hitung -7,424 dan sig 0,000) terhadap peningkatan pengetahuan pembudidaya
perikanan. Hasil nilai rata-rata pembudidaya perikanan yang tergabung di dalam
komunitas perikanan budidaya di media sosial facebook lebih tinggi dibandingkan dengan pembudidaya yang tidak
menggunakan media sosial facebook.
Aspek ekonomi juga menunjukkan komunitas
perikanan budidaya di media sosial facebook
berpengaruh signifikan (t hitung -3,775 dan sig 0,000) terhadap peningkatan
ekonomi pembudidaya perikanan. Hasil nilai rata-rata pembudidaya perikanan yang
tergabung di dalam komunitas budidaya perikanan di media sosial facebook lebih tinggi dibandingkan
dengan pembudidaya yang tidak menggunakan media sosial facebook.
Kata Kunci: Facebook, Pembudidaya
perikanan, Pengetahuan, Ekonomi, Jawa Tengah
...........................................................................................
ABSTRACT
Ari Panggih
Nugroho. 26010213120011. Effect of
Aquaculture Community In Social Media Facebook Toward The Quality Fish Farmers
In Central Java (Tita Elfitasari dan Ristiawan Agung
Nugroho)
According
to Wijaya (2012), among total number of social media users in Indonesia, 87% of
them are users of social media facebook. Facebook users according Puskakom UI
(2015), of all users of social media facebook, 26% of them are working as
self-employment, and 68% of them are entrepreneur in the field of trade, services, and
agro-industries such as fisheries. Facebook
were selected by fish farmers since it is very easy to use, extensive network,
and also there is a group of services that make it easier for fish farmers to
can interact based on similarities such as the cultivation of commodities and
regions. The
objective of this study was to determine the effect of aquaculture community on
facebook towards farmers knowledge and economic improvement. This research used quantitative approach
where data were collected using questionnaire distribution. The sampling
technique used were random sampling, and used 60 samples of fish farmers in
Central Java. The data obtained were then tested using the test statistic
Independent t-test using SPSS v.20. The results showed that the aquaculture
community in social media facebook have a significant effect (t -7.424 and sig
0.000) to increase knowledge of the fish farmers. The results of the average
value of the aquacultere farmers who joined in the aquaculture community on
facebook were higher than farmers who do
not use facebook. The economic aspect also shows the aquaculture community on
facebook have a significant effect (t -3.775 and sig .000) towards the economic
improvement of fish farmers. The results of the average value of the fishery
farmers who are members in the community aquaculture on facebook higher than farmers who do not use
facebook.
Keywords:
Facebook, Fish farmers, Knowledge,
Economics, Central Java