Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kampung Walet Loa Bakung Kota Samarinda

Kampung Walet Loa Bakung Kec. Sungai Kunjang Kota Samarinda

YUPA Samarinda - Ada lokasi yang unik di Kelurahan Loa Bakung Kota Samarinda, yaitu Kampung Walet di Jl. Lobang Tiga Loa Bakung Sungai Kunjang.

Nama Kampung Walet sendiri merujuk pada suatu lokasi di Jl. Lobang Tiga yang secara kebetulan banyak dijadikan lokasi tempat membangun rumah burung walet.

Lokasinya memang bisa dibilang strategis dan cocok untuk tempat membangun rumah burung walet. Terletak di areal perbukitan yang sekililingnya masih berupa hutan dan rawa.

Aksesnya pun juga strategis, sekitar 5 menit dari Jalan utama Loa Bakung Jl. Jakarta. Selain dekat dengan perkotaan, aksesnya pun sangat mudah karena mulai dari Jl. Jakarta hingga Jl. Lobang Tiga sudah berupa jalan semenisasi. Hanya tinggal sedikit jalan pengerasan saat masuk ke gang Kampung Walet.

Jika dilihat ada sekitar lebih dari 10 rumah burung walet yang sudah berdiri di lokasi ini. Namun, tidak semua rumah burung walet sudah berisi burung, menurut pantauan saya baru beberapa saja yang dihinggapi burung walet. Sisanya, masih berusaha memancing burunh walet untuk masuk dengam cara menyalakan rekaman bunyi-bunyian burung walet.

Suasanya Kampung Walet menurut saya cukup khas, apalagi suasana sore harinya. Suara rekaman dan kicauan burung walet yang saling bersautan mengingatkan saya dengan beberapa desa di hulu sungai makaham seperti di Kecamatan Kota Bangun dan Kecamatan Muara Kaman.

Seperti kebanyakan wilayah di pinggiran Samarinda, lokasi Kampung Walet juga banyak ditemui tanah kavling yang dijual. Menurut beberapa informasi, harga tanah Kavling di lokasi ini untuk 1 kavlingnya sudah berkisar 100jt keatas.

Informasi lainnya adalah bahwa kedepan Lokasi Kampung Walet ini juga akan dibangun jalan lingkar yang akan menghubungkan Loa Bakung via Jl. Lobang Tiga ke Loa Buah.

Untuk anda yang sedang membutuhkan referensi tempat hunian, bisa dibilang Kampung Walet atau umumnya kawasan Jl. Lobang Tiga cukup menjanjikan.

Selain dekat dengan perkotaan dan jalan akses yang sudah dalam kondisi baik, terlihat sudah banyak fasilitas umum seperti rumah ibadah dan sekolah untuk anak-anak telah terbangun dan eksis.

Hanya saja, nilai minusnya menurut saya sampai saat ini adalah sulitnya akses air PDAM. Air disini kecil, bahkan di jam sibuk sering kali tidak mengalir. Lokasinya yang berada cukup masuk kedalam serta perbukitan membuat aliran PDAM ke kawasan ini sedikit tidak optimal.

Akses ke Kampung Walet dari Jl. Lobang Tiga

Akses Jl. Lobang Tiga ke Kampung Walet