Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desa Bendang Raya - Tenggarong

Kantor Kepala Desa Bendang Raya Tenggarong

Yupa Tenggarong - Desa Bendang Raya merupakan desa yang terletak di Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur.

Desa Bendang Raya tergolong desa terpencil yang ada di pinggiran kecamatan Tenggarong.

Berjarak 15km dari pusat Kota Tenggarong dan dapat ditempuh selama 20-30 menit melalui jalur darat dengan sepeda motor atau mobil.

Di Kecamatan Tenggarong sendiri terdapat 14 daerah administratif setingkat kelurahan/desa yang terdiri dari 12 kelurahan dan 2 desa, salah satunya adalah Desa Bendang Raya.

Memiliki luas 25,8km persegi, dan hanya dihuni oleh 874 penduduk saja, membuat Desa Bendang Raya menjadi desa/kelurahan berpenduduk paling sedikit di Kecamatan Tenggarong.

Walaupun terletak cukup jauh dari pusat keramaian, Desa Bendang Raya merupakan salah satu desa yang prospektif di Kecamatan Tenggarong.

Salah satu sektor ekonomi unggulan di Desa Bendang Raya adalah sektor perkebunan.

Jika anda berkunjung ke Desa Bendang Raya maka sepanjang perjalanan anda dapat melihat luasnya perkebunan sawit, karet, tanaman holtikultura milik masyarakat.

Tidak hanya itu, sektor wisata juga menjadi daya tarik di Desa Bendang Raya.

Terdapat objek wisata perkebunan jambu dan juga sirkuit motorcross bersekala nasional yang sering menggelar kejuaraan motorcross tingkat daerah dan nasional.

Kekurangan dari Desa Bendang Raya adalah minimnya akses ke berbagai fasilitas publik juga pertokoan/pasar. Sehingga untuk memenuhi berbagai kebutuhan rumah tangga masyarakatnya harus menuju desa/kelurahan lain.

Namun, keunggulan lain dari Desa Bendang Raya adalah akses dari dan ke desa dari kelurahan lain sangat mudah, karena akses jalan yang sudah cor beton dan minim jalan rusak.

Untuk anda yang sedang mencari peluang ekonomi baru dan tempat hunian yang nyaman, Desa Bendang Raya sepertinya dapat masuk kedalam radar pertimbangan anda.

Masih banyak sekali lahan kosong di Desa Bendang Raya ini, dan harganya masih tergolong cukup murah. Dengan akses yang cukup baik, desa ini cocok sekali untuk dikembangkan menjadi hunian pribadi, villa, tempat wisata, dan juga lahan pertanian.

Lihat foto-foto lain dari Desa Bendang Raya, disini.