Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Monumen Garuda Emas di Desa Bangunrejo - Tenggarong Seberang


Monumen Guruda Emas Desa Bangunrejo L3 Tenggarong Seberang

Yupa Tenggarong - Ada pemandangan yang berbeda jika anda kebetulan melintasi Desa Bangunrejo L3 di Kecamatan Tenggarong Seberang.

Tepat di tepi jalan poros Samarinda - Sebulu, di sebelah Kantor Desa Bangunrejo terdapat sebuah monumen baru yang cukup megah.

Monumen tersebut diberi nama monumen garuda emas.

Memiliki bentuk utama yaitu burung garuda pancasila sedang mengepakkan sayap dengan tinggi 10 meter dan lebar 5 meter, membuat monumen garuda emas ini terlihat begitu gagah.

Saat ini monumen garuda emas masih dalam proses pembangunan, namun sepertinya pengerjaannya hampir selesai karena tinggal menyisahkan pekerjaan finising saja.

Di bawah monumen garuda emas terdapat sepanduk bertuliskan bahwa monumen garuda emas di Desa Bangunrejo Kecamatan Tenggarong Seberang ini merupakan hasil dari swadaya masyarakat Desa Bangunrejo.

Bagian bawah monumen terdapat ukiran relif berupa gunung wayang jawa, yang mungkin juga sebagai bentuk identitas bahwa Desa Bangunrejo merupakan desa transmigrasi masyarakat jawa era 80an, dan hingga kini penduduknya sebagian besar merupakan masyarakat suku budaya jawa.

Jika diamati, monumen garuda emas di Desa Bangunrejo bisa dikatakan merupakan monumen terbesar yang ada di Kecamatan Tenggarong Seberang.

Namun sayang, kegagahan monumen ini tidak dibarengi dengan keindahan lingkungan sekitar monumen, yang saat ini masih berupa lahan kosong yang ditumbuhi rumput liar.

Belum diketahui, apakah kedepan lingkungan sekitar monumen akan dijadikan taman desa atau tidak, tapi jika benar akan dibuat tanam pastinya akan menambah kegagahan monumen garuda emas serta menambah keindahan Desa Bangunrejo Kecamatan Tenggarong Seberang.

Monumen Garuda Emas Desa Bangunrejo 

Monumen Garuda Emas Desa Bangunrejo